8 Macam Mainan Edukasi Untuk Bayi Berusia 0 – 3 Bulan Untuk Perkembangan Sel Otaknya

Bayi usia 0 – 3 bulan telah menunjukkan perkembangan fisik, intelektual dan emosinya. Ini dipengaruhi oleh sel-sel otaknya yang mulai berkembang.

Riset membuktikan, sel-sel otak kanan sesudah kelahiran menunjukkan perkembangan yang menonjol dan berhubungan satu dengan yang lain seperti jembatan.

Sel-sel otak saling mengulurkan tangan-tangannya dan berpegangan guna menghubungkan informasi dari luar melalui panca indra.

Pada masa awal proses pembentukan sel-sel otak pada bayi itu, hendaklah orang tua memberikan stimulasi dengan berbagai macam permainan.

Mengingat permainan–permainan itu tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik, kognitif, psikologis, sosial dan bahasanya melainkan mampu memberikan bekal di dalam pembentukan awal kepribadiannya. Continue reading →

Download Alat Pembelajaran Untuk Balita Anda

pembelajaran balita

Menurut Dr. Sylvia Rimm dalam bukunya Smart Parenting, How to Raise a Happy Achieving Child, orang tua memiliki pengaruh positif yang sangat besar terhadap pendidikan balita.
Tidak hanya ketika masih kecil, namun juga sepanjang hidupnya.
Anda ingin balita memiliki antusiasme yang tinggi untuk belajar dan berprestasi kelak?
Bagaimana Anda setuju kan dengan pendapat di atas? Continue reading →

6 Tips Agar Anak Senang Belajar

anak senang belajar

Tidak semua anak suka belajar.
Buktinya tidak sedikit orang tua yang ngejar-ngejar anaknya agar belajar.

Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin tidak terkontrol yang membuat anak semakin terlena untuk meninggalkan ruang belajar. Continue reading →

Menumbuhkan Minat Belajar Anak Untuk Berprestasi

minat belajar anak

Modal otak saja tidak cukup untuk mempunyai anak yang berprestasi.
Dibutuhkan faktor-faktor lain dari luar diri anak, yang juga tidak kalah penting dari peran otak anak itu sendiri.

“There is genius in all of us”.

Masih ingatkah anda dengan pernyataan seorang ilmuwan hebat dan kondang Albert Einstein ini? Continue reading →

18 Macam Penerapan Disiplin Oleh Orang Tua Kepada Anak Yang Perlu Diperhatikan

penerapan disiplin kepada anak

Mendisiplinkan anak memang tidak mudah terlebih jika tidak melibatkan kekerasan didalamnya namun manjur untuk anak .

18 Hal Penerapan Disiplin Oleh Orang Tua

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam menerapkan disiplin pada anak ialah sebagai berikut :

    1. Tegas
      Tegas ialah suatu sikap yang sebaiknya dimiliki oleh orang tua, terlebih jika orang tua ingin menerapkan disiplin pada anak.
      Jika anda melarang anak-anak untuk tidak melakukan sesuatu, buatlah alasan-alasan yang masuk akal, dengan memberikan penjelasan dan bimbingan padanya.
      Beritahu alasannya, penjelasan yang masuk akal akan mudah diterima oleh anak dan anak akan menuruti apa yang anda katakan.

Continue reading →

Teknik Mendisiplinkan Anak Dengan Time Out (Waktu Jeda) bag. 3

time out (waktu jeda)

Apa Yang Dilakukan Selama Anak Dalam Time Out (Waktu Jeda)?

Saat orang tua pertama kali menggunakan time out (waktu jeda) maka anak dapat berteriak atau menangis. hal ini normal dan orang tua sebaiknya mengabaikan saja.

Jangan membiarkan anggota keluarga lain memperhatikannya dan membantunya.
Minta kepada anggota keluarga lain atau siapapun untuk mengabaikan anak yang sedang menjalani waktu jeda.

Jika ada saudara yang mengganggu adik / kakaknya yang sedang menjalani time out (waktu jeda) , sebaiknya dikenakan waktu jeda juga. Continue reading →

Teknik Mendisiplinkan Anak Dengan Time Out (Waktu Jeda)

mendisiplinkan anak

Orang tua mendambakan agar anaknya kelak menjadi orang sukses yang bisa meraih cita-citanya, sehingga beroleh kebahagiaan.

Untuk mencapai itu semua maka orang tua melakukan berbagai cara agar nantinya anak berhasil. Salah satunya ialah dengan mendisiplinkan anak.

Terutama jika anaknya membangkang dan tidak bisa mengelola waktunya dengan baik. Continue reading →

Belajar Di Mulai Dari Yang Mudah

belajar dimulai dari yang mudah

Belajar dari hal yang mudah merupakan langkah yang tepat dalam belajar.
Mengapa?
Hal ini akan membuat otak kanan aktif karena emosi positif timbul.
Otak kanan yang aktif akan seimbang dengan otak kiri.
Akhirnya kedua belah otak aktif dan berguna untuk belajar yang lebih sulit.
Jika belajar dimulai dari yang sulit, maka otak kiri akan lebih aktif, sedangkan otak kanan tidak terpicu karena tidak adanya unsur enjoy dan fun. Continue reading →