3 Macam Teknik Menghafal Dengan Mudah


Tidak semua anak menyukai menghafal.
Tidak sedikit yang beranggapan bahwa menghafal adalah sistem belajar paling buruk di muka bumi, karena menganggap kemampuan dan daya ingat otak terbatas, apalagi ilmu yang didapat melalui penghafalan tidak akan betah lama-lama tinggal di otak.

Saya berharap anda tidak begitu saja mengiyakan, apalagi membenarkan anggapan tersebut.

Pernahkah anda mendengar bahwa otak manusia mempunyai kapasitas penyimpanan informasi yang luar biasa banyaknya, bahkan tidak terbatas?

Tahukah anda bahwa manusia di bumi ini kebanyakan hanya menggunakan 1 % saja dari kemampuan otaknya?

Kalau dianalogikan, kapasitas ingatan manusia setara dengan 500 set buku ensiklopedia.dahsyat bukan?
Jadi, jika ada orang yang menghafal kok sering lupa, berarti sistem kerja otaknya tidak seimbang (hanya menggunakan otak kiri saja, karena memori otak kiri sifatnya sementara /mudah lupa sedangkan otak kanan sifat memorinya jangka panjang). Continue reading →

Teknik mencatat dengan tepat dan bermanfaat


Mencatat merupakan bagian dari aktivitas siswa yang tak terpisahkan.
Dengan mencatat, berarti si anak mempunyai dokumentasi tentang beberapa informasi penting dari materi pelajaran yang diterimanya yang nantinya catatan-catatan tersebut akan menjadi media anak agar lebih memahami apa yang sedang dipelajari.

Tahukah anda bahwa kebanyakan anak sekarang ini hanya menggunakan system kerja otak kiri saja ?

artinya, si anak hanya mencatat apa yang didengar dan dibacanya. Metode seperti ini dikenal dengan system note-taking, yaitu teknik mencatat pasif, tanpa ada selektif dalam memilih informasi penting ( tidak menitikberatkan pada suatu ide utama) dan biasanya hanya mementingkan hasil catatannya. Continue reading →

Penerapan Sistem Membaca Fokus Tinggi (MFT)

membaca fokus tinggi

Teknik-teknik penerapan sistem membaca fokus tinggi (MFT) adalah sebagai berikut :

Lakukan persiapan membaca fokus tinggi dengan baik dan benar.

Persiapan memang sangat penting dilakukan sebelum melakukan suatu aktivitas apapun.karena begitu pentingnya makna sebuah persiapan, sampai-sampai seorang ilmuwa hebat,

Alexander Graham Bell, mengatakan bahwa ‘before anything else, preparation is the key to success’.

Persiapan ini berupa : Continue reading →

Apa Itu Sistem Membaca Fokus Tinggi

sistem membaca fokus tinggi

Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia pendidikan memang tidak bisa dilepaskan dari membaca, mencatat dan menghafal.

Apalagi prestasi anak sangat identik dengan daya hafal, daya ingat dan pemahaman anak yang baik.

Mengingat dunia pendidikan selama ini hanya menitikberatkan pada apa yang dipelajari (what to learn), maka anda harus mengubah sistem tersebut menjadi bagaimana cara belajar (how to learn). Continue reading →

Mengapa Teknik Belajar Harus Efektif

teknik belajar efektif

Prestasi akan diraih jika teknik belajarnya efektif.
Tentu anda sangat setuju dengan kalimat ini bukan?
Jika teknik belajar yang anda terapkan pada anak anda efektif, tentu anak anda akan merasakan fun dengan rutinitas belajar yang mungkin sudah anda jadwalkan.

Bisa jadi, dengan teknik belajar yang efektif, rutinitas ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, mengasyikkan dan ngangeni bagi anak anda. Continue reading →

Lanjutan Mengenal 11 Macam Alat Belajar Anak


Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang dapat anda lihat di mengenal 11 macam alat belajar anak

5. Alat Belajar Anak Alat Peraga Tiruan

alat belajar anak alat peraga tiruan

Model merupakan alat peraga yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya, baik dalam ukuran sebenarnya maupun ukuran skala.

Model dapat memberi gambaran yang lebih nyata pada siswa dibanding gambar dua dimensi. Sesuai dengan tingkatannya, model mulai dapat digunakan sejak anak masih dalam usia pra sekolah.

Karena sifatnya masih dalam tahap bermain, maka bentuk-bentuk model yang digunakan untuk keperluan ini juga sederhana, seperti rumah-rumahan, peralatan dokter mainan, peralatan masak mainan, dan lain-lain.sampai tahapan perguruan tinggi model masih dibutuhkan kehadirannya sebagai media pembelajaran. Continue reading →

Mengenal 11 Macam Alat Belajar Anak


Setiap anak membutuhkan alat belajar yang berbeda-beda, tergantung dengan gaya belajar dominan mereka.

Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam belajar, anda perlu mengetahui terlebih dahulu gaya belajar anak anda.

Ingat bahwa alat belajar yang banyak dikenalkan oleh dunia pendidikan bukan jaminan utama dalam meraih keberhasilan, namun hanya sebatas alat bantu untuk mengoptimalkan kecerdasan anak.

4 Alat Belajar Anak Yang Pertama

Tidak bisa dipungkiri bahwa teori pelajaran saja tidak cukup untuk mendapatkan pemahaman yang optimal.

Beberapa alat belajar bisa digunakan untuk memaksimalkan pemahaman anak terhadap materi pelajaran, yaitu : Continue reading →

Metode Belajar Sesuai Dengan Usia Anak

metode pengajaran sesuai usia anak
Belajar adalah sebuah proses. Seberapa lama proses yang dibutuhkan seorang anak untuk menjadi bisa atau menjadi tahu tergantung pada tingkat kecerdasan masing-masing anak.
Anak yang mempunyai kecerdasan tinggi, akan lebih mudah dalam mencerna sebuah materi atau pelajaran yang diterimanya.

Continue reading →

Aplikasi Mindmap ( Peta Pikiran )


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan mindmap untuk anak belajar adalah sebagai berikut :

    • Sediakan kertas folio / A4 putih polos dan pensil warna (minimal 3, semakin bervariasi semakin bagus).

 

    • Pilih posisi kertas mendatar (landscape), agar tata ruangnya lebih luas dan panjang.

 

    • Mintalah anak untuk menentukan pusat pikiran (dan diletakkan ditengah-tengah). Sebaiknya pusat pikiran berupa gambar agar lebih menarik. Pusat pikiran biasanya diambil dari judul bab atau tema pokok dari bab tersebut. Prinsipnya, pusat pikiran adalah sebuah kata (bukan kalimat) yang mewakili isi dari semua materi (gambaran umum) yang hendak dibuat mindmap.

Continue reading →

Apa Itu sistem peta pikiran ( Mindmap ) dan Aplikasinya


Sistem peta pikiran (mindmap) adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpa dan mengeluarkan data dari/ke otak.

Sistem ini bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak kita, sehingga dapat menngoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia.

Mindmap ditemukan dan dipopulerkan oleh Dr. Tony Buzan. Lebih dari 300 juta orang di dunia sudah menggunakan sistem ini untuk beberapa keperluan diantaranya dalam belajar. Continue reading →