Mengenal 11 Macam Alat Belajar Anak


Setiap anak membutuhkan alat belajar yang berbeda-beda, tergantung dengan gaya belajar dominan mereka.

Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam belajar, anda perlu mengetahui terlebih dahulu gaya belajar anak anda.

Ingat bahwa alat belajar yang banyak dikenalkan oleh dunia pendidikan bukan jaminan utama dalam meraih keberhasilan, namun hanya sebatas alat bantu untuk mengoptimalkan kecerdasan anak.

4 Alat Belajar Anak Yang Pertama

Tidak bisa dipungkiri bahwa teori pelajaran saja tidak cukup untuk mendapatkan pemahaman yang optimal.

Beberapa alat belajar bisa digunakan untuk memaksimalkan pemahaman anak terhadap materi pelajaran, yaitu :

  1. Alat Belajar Flash Card

    alat belajar anak flash cardsFlash card (kartu kilas) adalah kartu yang digunakan untuk membantu ingatan dengan menulis soal pada satu sisi dan pemecahan pada sisi sebaliknya.
    Bentuk flash card yang sederhana dan kecil ini memungkinkan anak untuk membawanya kemanapun si anak pergi.
    Jadi anak bisa belajar dimanapun dan kapanpun, tanpa harus membawa buku catatan yang umumnya berukuran besar. Flash card ini disukai oleh siswa yang bergaya belajar visual dan sangat efektif untuk pemecahan soal tanya jawab. Cara ini bisa diterapkan untuk berbagai mata pelajaran.

    Flash card juga sering disebut sebagai kartu permainan yang sangat efektif untuk membantu anak dalam belajar membaca sejak usia sedini mungkin.
    Selain itu flash card juga sangat efektif untuk melatih daya imajinasi anak. Flash cards sudah sangat populer di negara-negara maju, tapi masih sangat sedikit sekali dikenal di indonesia.

    Flash cards tidak hanya bisa diformat dalam bentuk tulisan saja, namun juga bisa dibubuhi gambar-gambar yang menarik sehingga menarik minat anak.
    Jika anak annda masih balita, tentu akan lebih efektif jika anda memilih flash card bergambar.

    Anda tidak harus membeli flash card yang dijual di toko-toko buku. Anda bisa membuatnya sendiri sehingga anda bisa merancang lebih khusus sesuai dengan selera anak anda.

  2. Alat Belajar Mind Map

    Alat Belajar Anak Mind MapPada dasarnya mindmap bukan sesuatu yang baru karena ada laporan mengenai penggunaan mindmap sejak abad ke 3 oleh para ilmuwan yunani dan romawi.

    Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa otak kiri berhubungan langsung dengan penalaran, seperti angka, bahasa, analisis sedangkan otak kanan banyak berfungsi untuk hal yang berkaitan dengan warna, musik, imajinasi, bentuk dan lainnya yang bersifat nonkognisi.
    Walaupun demikian, hingga saat ini mindmap belum banyak digunakan karena belum dikenal secara luas sehingga siswa masih memilih cara konvensional untuk mencatat.

  3. Alat Belajar CD Interaktif

    Alat Belajar Anak CD InteraktifCD interaktif sangat menarik karena penambahan animasi, musik ilustrasi, penjelasan lisan dan game sederhana bisa menjadi alat belajar bagi anak yang sangat efektif. Jika anak sudah mengetahui cara pengoperasian CD interaktif, maka anda tak harus selalu mendampinginya saat anak belajar.
    CD interaktif merupakan sebuah aat belajar yang dibuat dalam bentuk piringan cakram dan menyajikan materi.

    CD interaktif efektif untuk memberi gambaran yang lebih nyata dibanding dengan penjelasan lisan dari guru atau penjelasan tertulis di buku.
    CD interaktif sangat cocok untuk ketiga jenis gaya belajar anak, karena memuat unsur melihat, mendengar dan melibatkan secara fisik.
    Selain itu, CD interaktif menawarkan pembelajaran bersifat aktif dengan mengajak siswa untuk terlibat.

    Alat belajar ini lebih efektif daripada setumpuk buku catatan yang diberikan sekolah.
    Dalam CD interaktif sistem kerjanya membuat siswa lebih cepat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mengklik bagian tertentu dibanding dengan mencari bab yang dimaksud dalam sebuah buku.
    Selain itu CD juga lebih mudah disimpan karena tidak memakan banyak tempat.
    CD interaktif dapat digunakan oleh anak mulai pada usia pra sekolah engan program-program sederhana seperti pengenalan warna-warna, binatang, huruf dan angka.

  4. Alat Belajar Internet

    Alat Belajar Anak InternetInternet merupakan teknologi yang menjadi primadona, karena merupakan sumber informasi tercepat dan tanpa batas.
    Dengan internet, kita dapat mencari bermacam artikel, gambar, lagu dan film. Tidak salah jika internet dijadikan media pembelajaran. Anak dapat mencari informasi apapun yang berkaitan dengan materi pelajarannya.

    Jika soal-soal latihan atau materi yang diberikan guru kurang lengkap, maka internet bisa menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.
    Bahkan siswa dapat belajar mandiri secara online.
    Namun, perlu diingat bahwa sumber informasi yang didapat internet tidak semuanya valid dan akurat.
    Perlu ada penelusuran lebih lanjut untuk memastikan apakah pengetahuan tersebut benar atau salah.
    Salah satunya dengan melihat apakah situs yang diakses merupakan situs pendidikan yang terpercaya, atau hanya sekedar situs yang tak memiliki kompetensi apa-apa dibidangnya. Dampingi anak saat mengakses.

Bersambung di artikel lanjutan mengenal 11 macam alat belajar anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.